Sabtu, 14 Februari 2015

Kuliner Tradisional Jakarta

Restoran di Jakarta memang banyak menyajikan makanan dan minuman Nasional yang berasal dari beragam Suku di Indonesia dan Internasional di seluruh mancanegara. Tapi coba kita tengok ke belakang dimana ada Kuliner Khas Jakarta yang memang harus dilestarikan keberadaannya dan tidak boleh tersisihkan karena datangnya urban yang mengubah kekhasan Ibukota Negara Indonesia ini. 

Disini, saya sebagai Putri dari Suku Betawi, akan membahas "Kuliner Tradisional di Jakarta" yang langsung saya liput ke Jalan-jalan sekitar Jakarta untuk melestarikan Kekhasan yang ada di Jakarta.

1. Kue Pancong

Kue ini masih banyak ditemukan di Jakarta, dibawah jembatan Shelter Busway Central Harmoni, ada seorang bapak membawa gerobak menjual Kue Pancong. 

Kue Pancong, Abang, dan Gerobaknya

Kue ini emang tidak terlalu beda dengan Kue Rangi, cuma cara penyajian dan bentuknya. Kue Pancong dibuat dari tepung terigu, garam, lalu diadonin dan dipanggang di cetakan khusus kue pancong. Bentuknya seperti setengah bulan. diatasnya ditaburi kelapa parut yang membuat kue ini menjadi gurih dan lezat ditambah taburan gula pasir putih yang semakin lezat untuk di santap. Harga Kue Pancong ini sangat murah. 1 piece kue pancong Rp.500,-

2.  Gado-Gado 

Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta yang memang sudah tak asing lagi di teliga, rasanya yang enak, pas dikantong dan cocok untuk santap bersama teman, keluarga, ataupun rekan bisnis yang sudah bosan dengan makanan western. Restoran ini menyajikan khusus untuk Gado-Gadonya. Namanya Gado-Gado Boplo.

Gado-Gado Spesial dan Ice Cappucino ala Gado Gado Boplo Cabang Kuningan
Gado-gado terdiri dari sayuran yaitu tauge, kacang panjang, salada air, tahu goreng ditambah lontong dan siraman kuah kacang yang kental dan ditaburi kerupuk ikan yang bikin gado-gado ini semakin lezatttt.

3.  Asinan Betawi

Siapa yang tak kenal dengan olahan makanan yang bahan dasarnya sayur mentah dan buah segar?? yap!! Asinan Betawi ini memang paling banyak digemari orang banyak selain gado-gado dan karedok.


Asinan Betawi terbagi menjadi 2, ada Asinan Sayur dan Asinan Buah.

Asinan Sayur diolah dengan bahan-bahan seperti salada air, tahu putih, timun, tauge, dan disiram kuah sambel kacang yang kental. ditaburi kacang goreng, kerupuk kuning bunder dan kerupuk campur.

Asinan Buah diolah dengan bahan yang pasti dari buah yaitu bengkoang, kedongdong, nanas, dan mangga disiram kuah sambel agak encer.

Coba saja datangi Asinan Betawi Kamboja, Jalan Gang Kamboja (persisnya seberang RS. Persahabatan). Rumah Makan Asinan Betawi Kamboja ini sudah sangat melegenda sejak dahulu dan terkenal akan enaknya asinan betawi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar